Hebat matematika

Waktu baris Foto Uang Perangko Adegan Mencari

Niels Henrik David Bohr

Tanggal lahir:

Tempat lahir:

Tanggal kematian:

Tempat kematian:

7 Oct 1885

Copenhagen, Denmark

18 Nov 1962

Copenhagen, Denmark

Presentasi
PERHATIAN - Otomatis terjemahan dari versi bahasa inggris

Niels Bohr 's Bohr Kristen adalah ayah dan ibunya bernama Ellen Adler. Kristen Bohr yang telah diberikan doktor dalam fisiologi dari University of Copenhagen pada 1880 dan pada 1881 ia menjadi Privatdozent di universitas. Akhir di tahun yang sama ia menikah Ellen, yang putri David Adler, politikus Yahudi yang tinggi dengan berdiri di Denmark kehidupan politik dan komersial. Kristen dan Ellen mempunyai tiga anak-anak. Jenny adalah yang tertua di lahir 1883 di gedung yang telah dimiliki David Adler seberang Istana Christiansborg dimana Parlemen Denmark Sabtu. Ellen ibu telah melanjutkan untuk tinggal di rumah ini setelah suaminya David Adler meninggal pada 1878 dan Ellen telah kembali ke rumah ibunya untuk anaknya. Dua tahun kemudian Niels lahir pada ibunya 25 th ulang tahun yang sama di rumah megah, Ellen memiliki kembali lagi ke rumah ibunya untuk kelahiran anaknya. Ketiga anak-anak dari keluarga, yang masuk untuk menjadi terkenal matematika, telah Harald Bohr yang telah dua tahun lebih muda daripada Niels.

Ketika Niels hanya beberapa bulan, ayahnya Kristen telah ditunjuk sebagai tenaga pengajar untuk mengisi pos kiri kosong dengan kematian Peter Panum, yang guru besar fisiologi di University of Copenhagen, dan waktu kemudian dipindahkan ke dalam keluarga Panum's sbg guru rumah di Copenhagen.

Kennedy menulis dalam:

Niels, Harald, dan kakaknya, Jenny, dibesarkan dalam kebudayaan dan merangsang rumah. Dari awal mereka hari mereka terdedah kepada dunia ide dan diskusi, dilihat dari bertentangan akal dan baik-temperedly diperiksa, dan mereka dikembangkan untuk menghargai semua yang mencari pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam.

Pada bulan Oktober 1891 Niels Grammelholms masuk ke sekolah. Dia hadir sekolah ini, sama halnya dengan saudaranya Harald, untuk menyelesaikan pendidikan menengah ia mengambil Studenterexamen di 1903. Dia tidak baik di sekolah tanpa pernah menjadi cemerlang, biasanya datang ketiga atau keempat di satu kelas dari sekitar 20 siswa. Jika ia benar-benar excelled di subjek itu, mungkin mengherankan, fisik pendidikan. Dia pemain sepak bola yang sangat baik, namun tidak sebaik saudaranya Harald yang memenangkan medali perak untuk bermain sepak bola Denmark. Niels dibuat beberapa teman baik sementara di sekolah tetapi teman yang terbaik sepanjang hidupnya adalah saudaranya Harald.

Selama dua tahun terakhir di sekolah Niels khusus dalam matematika dan fisika. Ada beberapa bukti bahwa ia segera menyadari bahwa guru matematika tidak memiliki bagusnya pegang dari topik sebagai ia harus memiliki, dan bahwa ia menjadi agak luar biasa takut kepada murid Bohr. Dalam fisika terlalu Bohr belajar teks di depan kelas menemukan kesalahan dalam mereka. Ia ayahnya, lebih dari guru sekolahnya, yang terinspirasi dia dalam studi matematika dan fisika. Menurut dia, di 1922:

Saya minat dalam studi fisika yang terbangun sementara saya masih di sekolah, sebagian besar karena pengaruh ayah saya.

Bohr belajar di Universitas Kopenhagen yang ia dimasukkan dalam 1903. Dia belajar fisika sebagai subjek utama tetapi itu matematika, astronomi dan kimia sebagai mata pelajaran minor. Dia fisika diajarkan oleh Kristen dan filosofi Christiansen oleh Harald Hoffding. Dia dikenal keduanya selama bertahun-tahun sejak mereka teman dekat dengan ayahnya dan telah bertemu sebagai bagian dari kelompok diskusi biasa, baik dengan saudara-saudara dan Harald Niels Bohr mengambil bagian segera setelah mereka cukup lama untuk berkontribusi. Bohr diajar oleh matematika di universitas Thorvald Thiele.

Bohr pada perguruan tinggi tidak dapat melakukan eksperimen fisika sejak tidak ada laboratorium fisika. Namun ayahnya memiliki laboratorium fisiologi dan menjelaskan percobaan pertama kertas kerja di fisika yang dilakukan di laboratorium. Dia dictated karya untuk saudaranya Harald. Sebuah sesama mahasiswa dari wrote Niels dan Harald:

Kedua tidak dapat dipisahkan. Saya tidak pernah dikenal sebagai orang yang akan menutup seperti semula.

Tulisan ini adalah satu-satunya yang Bohr wrote menjelaskan percobaan yang telah dilakukan. Dengan itu dia memenangkan Medali Emas untuk 1906 dari Denmark Royal Academy of Sciences untuk analisis getaran jet air sebagai sarana untuk menentukan tekanan pada permukaan. Dia menerima Pasca Sarjana dari University of Copenhagen pada 1909 dan doktor pada bulan Mei 1911 untuk tesis berjudul Studi pada teori elektron dari logam. Ini adalah berdasarkan tesis klasik seperti fisika dan selalu gagal untuk menjelaskan efek tertentu. Bohr ini bekerja di wrote:

Tampaknya tidak mungkin di saat ini tahap pembangunan elektron teori untuk menjelaskan magnetis properti dari badan dari teori ini.

Bohr didedikasikan kepada tesis ke memori dari ayahnya yang telah meninggal dari serangan jantung beberapa bulan sebelumnya pada bulan Februari 1911. Saat ini Bohr independen dilibatkan untuk Margrethe Norlund. Pasangan yang menikah pada 1 Agustus 1912 dan Richard Courant, berbicara Bohr setelah kematian, mereka akan mengatakan mereka perkawinan:

Beberapa orang yang beruntung speculated tentang keadaan yang dikombinasikan untuk membuat Niels sehingga berhasil. Saya rasa bahan yang hidupnya dengan hal-hal yang tidak berarti kesempatan tetapi mendalam yg berurat dalam struktur pribadinya ... Ia tidak berhasil, lebih mendalam wawasan, yang dipimpin dia temukan di muda tahun istrinya, yang, seperti kita ketahui, seperti yang telah menentukan peran dalam membuat orang seluruh kegiatan ilmiah dan pribadi mungkin dan harmonis.

Menerapkan Bohr ke Carlsberg Foundation untuk perjalanan hibah dan pada bulan Mei 1911, setelah penghargaan dibuat, pergi ke Inggris pada bulan September 1911 untuk belajar dengan Sir JJ Thomson di Cambridge. Dia telah dirancang untuk menghabiskan seluruh waktu belajar kita di Cambridge tetapi ia tidak mendapatkan pada Thomson baik dengan demikian, setelah pertemuan dengan Ernest Rutherford di Cambridge pada bulan Desember 1911, Bohr dipindahkan ke Victoria University, Manchester (sekarang University of Manchester) di Maret 1912. Waktu sangat abang sejak sesaat sebelum bertemu Bohr dan Rutherford, Rutherford telah dipublikasikan besar bekerja menunjukkan bahwa sebagian besar massa atom yang tinggal di Inti.

Di Manchester Bohr bekerja dengan Rutherford's grup dalam struktur dari atom. Rutherford Bohr's menjadi panutan baik untuk pribadinya dan kualitas ilmiah. Menggunakan ide karena jumlah Planck dan Einstein, Bohr conjectured bahwa atom dapat ada hanya dalam ciri-ciri set stabil menyatakan energi. Luar biasa hari ini ada bukti dari Bohr's ilmiah kemajuan sejak ia sering corresponded dengan saudaranya Harald. Menurut dia, untuk Harald pada 12 Juni 1912:

Anda dapat bayangkan itu berlaku untuk dapat hadir di sini, di mana terdapat banyak orang untuk berbicara dengan ... dan ini dengan orang-orang yang paling tahu tentang hal ini; dan Profesor Rutherford tersebut mengambil minat yang marak semua yang dia percaya masih ada yang teliti Pada tahun terakhir dia telah bekerja sebuah teori struktur atom, yang terlihat cukup sedikit lebih tegas daripada mendirikan sesuatu yang telah ada hingga sekarang.

Satu minggu setelah menulis surat ini, pada tanggal 19 Juni, Bohr telah melaporkan kemajuan untuk Harald:

Mungkin saya telah menemukan sedikit tentang struktur atom. Jangan bicara tentang itu kepada siapa pun, untuk jika saya tidak menulis untuk Anda tentang tersebut agar segera. ... Anda memahami bahwa saya belum menjadi salah Mei; untuk itu belum sepenuhnya belum bekerja (tetapi saya tidak berpikir yang salah). ... Percayalah, saya ingin menyelesaikan ini terburu-buru, dan untuk melakukannya saya telah mengambil beberapa hari off dari laboratorium (ini juga merupakan rahasia).

Pada 13 Juli ia menulis:

Sesuatu akan lebih baik, untuk saya telah menemukan beberapa hal; tetapi, untuk memastikan, saya belum begitu cepat untuk pekerjaan mereka sebagai bodoh saya berpikir. Saya berharap untuk memiliki sedikit kertas dan siap untuk menunjukkan kepada Rutherford sebelum meninggalkan saya, dan saya pagi itu jadi sibuk, jadi sibuk.

Meskipun telah Bohr Rutherford dan berbeda pribadi, mereka berbagi antusiasme yang besar untuk fisika dan mereka juga menyukai satu sama lain secara pribadi. Namun hubungan tidak pernah cukup dekat teman yang selalu melihat sejak Bohr Rutherford sebagai guru. Mereka corresponded dari mereka bertemu dalam waktu 1911 hingga 1937, tahun Rutherford kematian.

Pada tanggal 24 Juli 1912, dengan kertas masih belum selesai, kiri Bohr Rutherford's grup di Manchester dan kembali ke Kopenhagen untuk terus mengembangkan itu baru dari teori atom, menyelesaikan pekerjaan pada tahun 1913. Pada tahun yang sama ia diterbitkan dari tiga makalah pentingnya pada teori atom struktur. Yang pertama adalah pada kertas hidrogen atom, selanjutnya dua pada struktur atom berat daripada hidrogen. Dalam makalah ini Bohr:

... ditetapkan menakjubkan itu mencoba untuk menggabungkan aspek fisika klasik dengan konsep Planck 's bagian dari tindakan. ... Ketiga makalah yang terkenal ... membentuk pondasi Bohr awal reputasi. Karyanya, walaupun tidak segera diterima oleh semua orang, intrigued itu berlanjut dan membuat mereka menyadari kebutuhan untuk baru cara menjelaskan kegiatan di tingkat atom. The Bohr atom, walaupun telah dilakukan superseded ilmiah, bahkan hari ini di benak banyak orang sebagai gambar hidup dari apa yang terlihat seperti atom dan lambang fisika.

Pada bulan Juli 1913 Bohr ditunjuk sebagai docent di Copenhagen. Namun ia tidak situasi yang dia senang karena ia tidak dapat mencari gaya fisika matematika yang dia berkembang. Pada tanggal 10 Maret 1914 ia menulis kepada Departemen Pendidikan Negeri:

Penandatangan dengan mengambil kebebasan dari petitioning jabatan untuk membawa tentang pendirian sebuah jabatan guru besar dalam teori fisika di universitas dan di samping kemungkinan yang mempercayakan saya dengan posisi.

Ini adalah huruf tebal memindahkan Bohr tetapi sudah tinggi reputasi berarti bahwa ia akan ditangani secara serius. Fakultas Universitas dia disarankan untuk kursi dari teori fisika tetapi Departemen Pendidikan Negeri memutuskan untuk menunda membenarkan posting. Tentu saja kali pada 1914, tidak ada Bohr tidak menyadari bahwa keputusan ini cenderung cepat. Dia gembira karena itu adalah untuk menerima menawarkan oleh Rutherford untuk bergabung dalam grup sebagai Manchester Schuster Reader. Dia diharapkan dapat di Manchester selama satu tahun, mengantisipasi bahwa kursi dari teori fisika di Kopenhagen akan dikonfirmasi oleh kemudian. Wabah yang Perang Dunia I ketika dia berlibur di Tirol sebelum melakukan perjalanan ke Manchester jadikan anak perjalanan sangat sulit, namun ia dan isterinya tiba di Manchester pada bulan Oktober 1914 yang berlayar sepanjang bagian utara dari Skotlandia parah melalui badai dalam perjalanan.

Bohr di Manchester telah lama ia diharapkan sejak itu kursi tidak dikonfirmasi sampai April 1916. Namun, ia sangat senang dan masa produktif. Pais menulis di:

Pada awal musim panas 1916 yang Bohrs kembali ke Denmark. Empat tahun sebelumnya Bohr masih penuh dari Manchester menarik tetapi belum dicernakan gagasan tentang atom. Sekarang dia berangkat sebagai pemimpin bidang tersebut, sebagai profesor di Kopenhagen, dengan istrinya yang hamil anak pertama mereka di pihaknya.

Pada 1917 Bohr telah dipilih untuk Royal Denmark Academy of Sciences dan ia mulai rencana untuk sebuah Institut Fisika teoretis di Copenhagen. Ini telah dibuat dan untuk dia, dari pembukaan di 1921, ia menjadi para direktur, posisi dia diadakan untuk sisa hidupnya:

Institut yang segera menjadi Mekkah untuk teori ahli fisika dari seluruh dunia, dan setelah 1933 perlindungan yang baik untuk banyak ilmuwan yang telah melarikan diri dari Jerman Hitler's. Pusat sosial mereka adalah gedung "Gamle Carlsberg", yang diberikan kepada bangsa oleh pendiri terkenal tempat pembuatan bir dan ditempatkan di Niels Bohr's pembuangan di 1932. Di sini, di bawah perawatan ibu dari Bohr yang indah istri, Margrethe ... dan siswa penerima beasiswa dari semua bangsa berkumpul untuk makan dan bicara dan mendengarkan musik, dan seringkali harfiah cukup duduk di kaki Bohr, mencoba untuk menangkap dia selalu menantang, komentar halus dan lembut sambil bercanda, diucapkan di Denmark lunak suara.

Bohr adalah terbaik dikenal untuk penyelidikan dari atom struktur sebagaimana dimaksud di atas dan juga untuk bekerja pada radiasi, yang memenangkan kepadanya 1922 Nobel untuk Fisika. Dia memberikan kuliah pada yang bekerja untuk dia dianugerahkan Hadiah pada tanggal 11 Desember 1922 di Stockholm. Ia berbicara dari atom stabilitas dan electrodynamic teori memberikan keterangan dari berasal dari teori kuantum, hidrogen spektrum, menjelaskan hubungan antara elemen. Penjelasan-Nya meliputi penyerapan dan perangsangan dari garis spektral dan surat-prinsip yang telah ditetapkan dalam tiga makalah Pada bagian teori Spectra antara 1918 dan 1922.

Pada 1923 Bohr summed yang ide:

Walaupun terdapat mendasar keberangkatan dari ide-ide dari teori klasik dari mekanik dan elektrodinamika terlibat dalam postulates ini, sudah memungkinkan untuk menelusuri sambungan antara radiasi emitted oleh atom dan gerakan dari partikel yang pameran yang jauh-analogi yang mencapai diklaim oleh ide-ide dari klasik asal radiasi.

Kuantum mekanik dapat dikatakan memiliki tiba pada 1925 dan dua tahun kemudian Heisenberg menyatakan ketidakpastian prinsip. Dalam pertemuan di Como di Italia utara pada bulan September 1927 Bohr mengemukakan kepada prinsip komplementaritas fisik yang memberikan interpretasi Heisenberg 's ketidakpastian hubungan. Dia diusulkan komplementaritas dari persepsi dan gambar, partikel-gelombang, conjugate variabel, jumlah evolusi - klasik pengukuran dan lain-lain sebagai fundamental baru yayasan interpretasi dari teori kuantum. Bohr gagasan pada komplementaritas adalah sepenuhnya dalam menjelajah.

Bohr berpendapat bahwa ide dari komplementaritas dapat memainkan peranan penting dalam bidang selain jumlah fisika dan dia bekerja pada ide-ide ini sepanjang sisa hidupnya. Dia dianggap aplikasi untuk biologi, psikologi dan epistemologi. Ia telah menyarankan bahwa ide komplementaritas datang dari luar fisika, beberapa mengatakan bahwa akar ide datang dari diskusi dengan ayahnya, Christiansen dan filsuf Hoffding ketika ia masih di sekolah. Lain-lain, seperti di Pais, memberikan argumen meyakinkan untuk menunjukkan bahwa Bohr tidak sadar dipengaruhi oleh Hoffding filosofi.

Ia Bohr kita lihat dari jumlah teori yang akhirnya menjadi diterima. Einstein menyatakan kubur perihatin dengan interpretasi dan Bohr Bohr, Einstein dan Ehrenfest menghabiskan banyak jam dalam diskusi yang mendalam, tetapi Bohr tampilan digunakan. Bohr menyatakan pandangan ini berkata:

Bukti yang diperoleh di bawah kondisi percobaan yang berbeda tidak dapat tercapai dalam satu gambar, tetapi harus dianggap sebagai pelengkap dalam arti hanya totalitas dari fenomena exhausts kemungkinan informasi tentang objek.

HBG Casimir wrote menjelaskan apa yang ia seperti bekerja dengan Bohr di Institut:

Bahkan Bohr yang terkonsentrasi lebih intens dan memiliki daya tahan lebih dari apapun dari kami, mencari relaksasi di teka-teki silang, dalam olahraga, dan jenaka dalam diskusi.

Bohr kontribusi besar lainnya, selain teori kuantum, dia termasuk keterangan mengenai teori tabel periodik unsur dari sekitar 1920, dia teori atom yang menjadi inti dalam struktur kompon 1936, dan pemahaman uranium lekang dalam isotop 235 di 1939.

Pada 1937 Bohr, istri dan anak mereka Hans, membuat dunia wisata. Mereka pergi ke Amerika Serikat, Jepang, Cina, dan USSR. Pada tahun yang sama ia dihadiri Rutherford's pemakaman di Westminster Abbey di London, memberikan ucapan bergerak:

Ketika saya pertama mempunyai hak istimewa untuk bekerja di bawah pribadinya inspirasi dia sudah menjadi ahli fisika dari ketenaran besar, namun dia kemudian, dan selalu tetap, terbuka untuk mendengarkan apa yang telah pemuda pada pikiran. ... Sehingga bukan tidak mungkin dia akan selalu kepada kami yang tak ternilai sumber semangat dan kekuatan.

Bohr, meskipun ia telah christened di Gereja Kristen, Yahudi asal telah di samping ibunya dan sebagainya, bila Nazis diduduki Denmark di 1940, melebihi hidupnya menjadi sulit. Dia telah melarikan diri pada 1943 dengan dibawa ke Swedia oleh perahu nelayan. Dari sana ia diterbangkan ke Inggris dimana dia mulai bekerja pada proyek untuk membuat bom nuklir lekang. Setelah beberapa bulan dia pergi dengan penelitian tim Inggris ke Los Alamos di Amerika di mana mereka terus bekerja pada proyek.

Namun Bohr telah sangat peduli terhadap kontrol dari senjata nuklir dan dari 1944 ia mencoba untuk meyakinkan Churchill dan Roosevelt untuk keperluan untuk melakukan kerjasama internasional. Dia menulis sebuah surat umum untuk PBB di 1950 untuk bersitegang rasional, damai atom kebijakan:

Kemanusiaan akan menghadapi bahaya dengan karakter kecuali belum pernah terjadi sebelumnya, karena pada waktu, dapat diambil langkah-langkah untuk mencegah persaingan dalam sebuah bencana dahsyat seperti armaments dan internasional untuk mendirikan sebuah kontrol dari produksi dan penggunaan bahan kuat.

Aage Bohr putra juga menjadi fisika dan berbagi hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1975. (Ini hanya salah satu contoh dari ilmuwan terkenal dalam keluarga yang sama. Lain-lain adalah Van Vlecks serta Braggs dan Madame Curie dan anaknya Irene Joliot.)

Bohr menerima US atom pertama untuk Perdamaian Award di tahun 1957. Dia meninggal dari serangan jantung di rumahnya pada tahun 1962 dan berikut ini ilmuwan dan tokoh-tokoh terkemuka di seluruh dunia yang tergabung dalam membayar tributes kepadanya. Presiden Kennedy wrote (lihat misalnya):

Ilmuwan Amerika, memang semua warga Amerika yang tahu Dokter Bohr nama dan kontribusi besar, harus dihormati dan dimuliakan kepadanya untuk lebih dari dua generasi ...


Source:School of Mathematics and Statistics University of St Andrews, Scotland